Penyakit jantung merupakan suatu kondisi dimana jantung mengalami gangguan. Banyak faktor yang menyebabkan gangguan pada jantung misal cacat lahir, irama jantung, katup jantung, dan lain lain. Di Indonesia menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 penyakit jantung menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia mencapai 1,5 persen.

Umumnya serangan jantung disebabkan oleh adanya penyumbatan pada pembuluh darah jantung. Faktor-faktor yang memicu hal tersebut yaitu tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, obesitas, merokok, dan gaya hidup yang tidak aktif (Kemenkes, 2019). Berikut akan kami rangkum tips-tips menjaga kesehatan jantung, antara lain :

Hindari Merokok

Menurut data WHO (World Health Organization) memaparkan bahwa terdapat 560 orang di dunia yang meninggal dalam satu jam dan 4,9 juta kematian dalam satu tahun yang disebabkan oleh tembakau rokok. Penyebabnya tak lain adalah karena adanya 3800 zat kimia di dalam rokok yang sebagian besar merupakan zat racun dan karsinogen.

Nikotin yang terdapat pada rokok menyebabkan jantung bekerja lebih cepat dan meningkatkan tekanan darah. Bagi para pecandu rokok, memang cukup sulit untuk berhenti atau menghindari rokok, tapi ada baiknya konsultasikan pada dokter atau coba alihkan dengan mengganti rokok menjadi makanan sehat atau juga dialihkan dengan aktifitas lain yang bermanfaat.

Atur pola makan anda

Pola makan yang sehat adalah pola makan yang di dalamnya terdapat zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh seperti karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan air. Batasi konsumsi lemak dan minyak (seperti junkfood) hingga ¼ dari kebutuhan tubuh agar tidak terjadi hyperlipidemia.

Dikutip dari jurnal penelitian Chalil (2013), menggunakan garam beryodium dan membiasakan diri untuk sarapan dapat menurunkan resiko jantung koroner. Juga perbanyak konsumsi buah dan sayur. Menurut penelitian Dauchet (2006) mengonsumsi buah dan sayur 7% tambahan porsi perhari dapat menurunkan 4% terjadinya jantung koroner.

Jaga berat badan ideal

Berat badan yang berlebihan akan membebani kerja jantung. Pasien yang memiliki penyakit jantung sangat disarankan untuk memiliki tubuh yang underweight. Seseorang dapat melakukan diet jika dirasa memiliki tubuh yang overweight.

Diet dapat dilakukan dengan membatasi konsumsi garam, membatasi konsumsi susu sapi bila perlu mengganti susu sapi dengan susu nabati, hindari makanan yang mengandung bahan penyedap dan aditif, ganti makanan gorengan dengan makanan yang direbus. Hindari juga makanan seperti :

a) Otak dan jeroan

b) Makanan yang mengandung telur atau lemak jenuh (kue kering, gorengan, coklat, dan lain-lain)

c) Makanan yang di masak dengan santan kental

Jangan pasif

Lakukan olahraga dengan tempo minimal 30 menit setiap hari. Olahraga dapat menjaga berat badan anda ideal dan juga menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke.

Batasi konsumsi alcohol

Konsumsi alcohol berlebihan dapat menyebabkan naiknya tekanan darah yang berujung pada peningkatan penyakit jantung.

Kelola stress

Stres ternyata juga menjadi pemicu terjadinya penyakit jantung. Stres dapat mempengaruhi system imun manusia sehingga memudahkan penyakit masuk kedalam tubuh. Carilah pertolongan dan berbicaralah dengan sahabat terdekat, anda juga dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan agar tingkat stress anda menurun,

Lakukan kontrol ke dokter

Lakukan control ke dokter dengan rutin agar anda dapat mencegah penyakit sejak dini. Banyak sekali orang-orang yang terlambat mendapatkan penanganan karena menyepelekan untuk kontrol ke dokter.

Nah, itulah beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk menghindari diri dari berbagai macam penyakit dan untuk menjaga kesehatan jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *