Bagi para pecinta teh mungkin hal ini dapat menjadi salah satu kabar yang menggembirakan, karena ternyata minum teh hangat tak hanya nikmat dan bisa memberikan efek relaksasi pada tubuh tapi juga bisa memberikan efek awet muda loh.

Hal ini terungkap dari sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2017, di dalam jurnal Aging menemukan jika meminum teh secara rutin maka akan mampu membuat otak menjadi lebih awet muda jika dibandingkan dengan mereka yang tidak rutin minum teh.

Penelitian yang dilakukan oleh National University of Singapore ini bahkan menunjukkan jika orang yang minum teh hitam, teh oolong atau teh hijau, setidaknya empat kali dalam satu minggu secara rutin selama 25 tahun maka akan dapat membuat mereka memiliki kinerja otak yang jauh lebih baik dari pada mereka yang tidak rutin minum teh.

Minum Teh Membuat Otak Awet Mudah

Feng Lei sendiri selaku ketua penelitian mengatakan jika minum teh secara teratur dapat menjaga struktur otan dan mempunyai efek untuk melindungi otak dari penurunan fungsi serta organisasi otak terkait usia. Efek kesehatan ini sendiri memiliki kaitan dengan adanya kandungan antioksidan tinggi berupa polifenol yang dimiliki oleh teh.

Sumber gambar: pixabay.com

Untuk waktu minum teh sendiri tidak ditentukan dan tidak masalah kapan anda harus minum teh, karena peminum teh ternyata mempunyai fungsi otak yang sehat dan lebih baik sehingga jika ingin mendapatkan fungsi anti agingnya pada otak maka rajinlah untuk minum teh setiap hari.

Tak hanya National University of Singapore (NUS) saja tapi University of Cambridge dan University of Essex belum lama ini juga mengemukan jika temuan mereka mengenai pengkonsumsian teh secara rutin setiap hari dapat mengurangi kerusakan mental pada usia tua. Dr Feng Lei, yang merupakan asisten ptofesor di NUS yang juga merupakan salah seorang penulis paper, sebelumnya juga telah mengungkapkan jika mengkonsumsi teh setiap hari bisa memangkas separuh resiko penurunan kognitif di kalangan orang lanjut usia. Hal ini dapat membuktikan kontribusi positif teh pada struktur otak.

36 partisipan berusia 60 tahun ke atas dengan level pendidikan yang setara untuk studi mereka, 15 di antaranya meminum teh hijau, teh oolong atau teh hitam paling tidak empat kali dalam satu minggu selama 25 tahun terakhir sedangkan sekitar 21 orang lainnya jarang dan bahkan tidak pernah minum teh sama sekali.

Jika dilihat dari kondisi kesehatan, gaya hidup dan psikologis bagi para partisipan yang diamati sejak tahun 2015 hingga 2018, analisa dari hasil tes neuropsikologikal dan scan MRI membuktikan jika mereka yang minum teh secara teratur mempunyai wilayah otak yang lebih besar jika dibandingkan mereka yang tidak minum teh.

Tak hanya itu saja, otak peminum teh juga mempunyai lebih banyak koneksi simetris antar belahan otak dan lebih menyerupai dengan otak orang paruh baya jika dibandingkan dengan otak lansia. Para ilmuwan sendiri juga menyatakan mengenai berbagai manfaat anti penuaan teh ini sendiri berasal dari kandungan catechinnya yang merupakan antioksidan alami dengan kemampuan meningkatkan fungsi fungsi daya ingat dan juga pemikiran.

Hasil riset juga menambahkan jika minum teh menjadi salah satu pilihan gaya hidup yang sederhana dan memberikan banyak manfaat besar untuk kesehatan otak.

Nah, bagi anda yang selama ini gemar mengkonsumsi teh, makin bangga dan bahagia dengan hasil penelitian ini ya, sedangkan bagi anda yang belum pernah dan tidak rutin minum teh, bisa tuh diagendakan untuk selalu rutin minum teh setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *