Tahukah kamu, kalau otak merupakan organ vital yang memiliki peranan sangat penting pada manusia. Otak menjadi pengendali semua fungsi dalam tubuh manusia mulai dari pergerakan, perasaan, sampai pikiran.

Otak adalah bagian paling kompleks dalam tubuh manusia karena tersusun dari sejumlah jaringan serta 100 miliar saraf yang saling berkomunikasi. Maka dari itu, kita wajib menjaga kesehatan otak kita.

Namun, terkadang kita tidak sadar banyak sekali makanan-makanan enak yang kita makan tapi justru makanan inilah yang dapat memperburuk dan merusak kesehatan otak kita. Tentunya kita tidak ingin mengalami hal yang demikian ya.

Maka dari itu, kita harus tahu, makanan apa saja yang perlu kita hindari karena kandungan zat di dalamnya yang tidak menyehatkan otak kita. Berikut makanan-makanan enak yang dapat merusak fungsi otak :

Ikan yang Mengandung Merkuri

Meskipun ikan menjadi salah satu makanan penyumbang protein terbanyak, ternyata ada beberapa ikan yang mengandung merkuri di dalamnya dan dapat membahayakan otak.

Senyawa ini akan masuk ke dalam otak dan menyebabkan kerusakan di sana. Biasanya kerusakan otak itu akan terjadi pada fungsi kognitif sehingga daya ingat otak akan menurun.

Contoh ikan yang mengandung merkuri antara lain seperti ikan hiu, ikan tuna, ikan todak, dan tilefish.

Makanan yang Banyak Mengandung Lemak Trans

Kita tahu lemak trans adalah salah satu lemak yang sangat berbahaya bagi kesehatan karena lemak ini lebih banyak meningkatkan kadar kolesterol jahat dibanding dengan lemak jenuh. Selain bisa menyebabkan kolesterol jahat, lemak trans juga terbukti bisa membahayakan otak kita. Jadi, sebaiknya kita menghindari makanan-makanan yang banyak mengandung lemak ini.

Beberapa contoh makanan enak yang mengandung banyak lemak trans seperti keripik kemasan, gorengan, cemilan ringan kemasan, dan makanan cepat saji.

Makanan yang Banyak Mengandung Gula

Bukan hanya makanan yang tinggi lemak trans saja yang bisa menyebabkan kerusakan otak, ternyata makanan yang banyak mengandung gula juga sama. Makanan tinggi gula dapat menurunkan fungsi daya ingat dan memberikan dampak buruk pada memori otak

Makanan Cepat Saji

Makanan enak tapi merusak otak ini mungkin menjadi salah satu makanan favorite sebagian orang. Dengan penyajian yang cepat dan rasanya yang enak, makanan cepat saji sangat digemari dan digandrungi oleh banyak kalangan.

Namun, sadarkah kalian kalau makanan cepat saji banyak mengandung gula, lemak, dan garam tinggi? Tiga hal yang kurang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Makanan cepat saji dapat merusak sel dan menurunkan daya ingat otak.

Popcron kemasan

Sumber gambar: pixabay.com

Popcron merupakan salah satu cemilan enak dan lezat. Tapi, waspadalah dengan popcron kemasan dan popcron yang dibuat dengan menggunakan microwave.

Popcron kemasan biasanya mengandung lemak trans. Lemak yang tidak hanya berpengaruh terhadap kesehatan jantung, tetapi juga merusak otak. Sementara popcron yang dibuat menggunakan microwave bisa memicu kanker paru-paru karena pada wadah microwave mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk kesehatan tubuh kita.

Orang yang banyak mengonsumsi lemak trans memiliki fungsi kognitif yang lebih rendah daripada orang yang jarang mengonsumsinya.

Garam

Sebaiknya garam dikonsumsi dalam takaran yang wajar dan tidak berlebihan. Karena mengonsumsi garam berlebih dapat mengganggu kesehatan jantung dan dapat mengganggu fungsi otak dalam berpikir serta mengingat.

Nah, itu merupakan 6 jenis makanan enak yang dapat menyebabkan kerusakan pada otak kita. Sebaiknya, kita perlu mengurangi mengonsumsi makanan di atas agar kita bisa terhindar dari akibat bahaya yang nanti akan ditimbulkan makanan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *