Sudah nonton film JOKER?
Memperhatikan tulisan tangan Arthur Fleck (Joanquin Phoenix) di buku tulis untuk bahan komediannya?

Joker (Foto: Dok. Warner Bros)

Arthur Fleck adalah  seorang lelaki paruh baya warga Gotham yang berprofesi sebagai badut pesta. Ia hidup bersama ibunya —yang sekaligus menjadi sahabat satu-satunya—, Penny Fleck (Frances Conroy). Film ini mampu membuat penonton mengerti alasan Arthur Fleck yang akhirnya menjadi seorang “Joker”. Penjahat yang dilahirkan karena kemanusiaannya dirampas oleh pemerintah, masyarakat, dan keluarga. Film yang disutradarai Tood Philips ini ternyata sangat memperhatikan detilnya. Termasuk dalam hal tulisan tangan Arthur Fleck.

Tulisan tangan Arthur yang muncul dalam salah satu scene film Joker (Foto: Youtube)

Tulisan tangan Arthur Fleck muncul dalam beberapa scene, antara lain saat berkonsultasi dengan pegawai Dinas Sosial dan saat ia menulis bahan untuk komedinya. Dari tulisan tangan tersebut, terlihat bahwa Arthur seorang pribadi yang kesepian, memiliki tingkat motivasi yang tidak stabil, suasana hati yang mudah berubah-ubah, serta adanya gangguan emosi akut. Hal ini berbanding terbalik dengan kondisinya di depan orang-orang: ceria, tertawa, tampak baik-baik saja, terutama di depan orang yang ia sayangi.

—Eh ini bukan berarti orang yang ceria, tertawa, dan (tampak) baik-baik saja itu selalu berkebalikan loh kondisi jiwanya. Tidak selalu—

 

Makna Tulisan Tangan Arthur

Tulisan tangan Arthur beberapa kali terlihat memiliki garis dasar bergelombang (erractic baseline). Hal ini menunjukkan bahwa ia memiliki tingkat motivasi yang tidak stabil. Garis dasar (baseline) merupakan garis khayal yang terbentuk pada saat kita menulis mulai dari kata pertama di sisi paling kiri menuju kata sisi paling kanan. Garis khayal ini akan membentuk suatu pola, antara lain lurus, naik, turun, bergelombang, acak, dan sebagainya. Berikut adalah contoh dari tulisan tangan dengan garis dasar datar dan naik.

tulisan tangan dengan garis dasar lurus (Foto:Dok. pribadi)

 

tulisan tangan dengan garis dasar naik (Foto:Dok. pribadi)

 

Bentuk tangkai huruf ‘y’ dari tulisan tangan Arthur Fleck yang hanya lurus ke bawah, tidak memiliki kantong; menunjukkan ciri pribadi yang kesepian.

Salah satu ciri kesepian dari tulisan Arthur (Foto: Youtube)

 

Ketidakstabilan emosi seseorang dapat dilihat dari arah tulisan (slant). Dimana jenis slant ini terbagi menjadi tegak atau lurus, miring ke kanan, miring ke kiri, atau kombinasi. Pada tulisan Arthur memiliki arah tulisan kombinasi. karena tidak memiliki screenshot tulisan Arthur berikut salah satu contoh dari tulisan tangan seseorang yang memiliki slant kombinasi; warna hijau menunjukkan slant lurus, warna ungu menunjukkan slant ke kanan, warna orange menunjukkan slant ke kiri.

Contoh tulisan tangan dengan slant kombinasi (Foto: Dok. Pribadi)

 

Selain aspek-aspek tersebut, pada tulisan tangan Arthur Fleck juga ditemukan tanda emoticon smile, coretan (covering), dan juga beberapa ciri grafoforensik, yang masing-masing memiliki makna tersendiri.

Seandainya jenis tulisan tersebut ada pada orang sekitar kita, orang yang kita sayang, orang yang menyayangi kita; dan kita menyadarinya. (Setidaknya) kita bisa memberikan perhatian lebih kepada yang bersangkutan. Kita lebih bersedia “ada” untuknya. Atau membersamainya untuk melakukan konsultasi ke pihak yang berkompeten dan professional. Agar kondisi tersebut tidak menjadi bom waktu. Agar karakter Joker berada di film saja.

Inilah salah satu alasan kenapa kita perlu belajar graphology (ilmu analisa tulisan tangan). Selain untuk lebih memahami diri sendiri, bermanfaat juga untuk memahami orang lain.Terutama untuk memahami orang sekitar kita, orang yang kita sayang, dan orang yang menyayangi kita. Bukan untuk kepoin orang-orang di luar sana.

Manusia, mereka memang pandai menyembunyikan sesuatu dengan ekspresi. Tapi kalau mau tahu dia yang sebenarnya bagaimana, insyaAlloh ‘cukup’ lihat saja tulisan tangannya.(Tsalasa Rahmi, 2019)

Bagaimana tidak ‘cukup’, jika dari tulisan tangan kita bisa mengetahui kemampuan handling masa lalu seseorang, keyakinan seseorang terhadap masa depannya, kecerdasan berpikir, kecerdasan emosional, kejujuran, bahkan kondisi kesehatannya? Menarik, kan? Uhmm, termasuk jika seseorang tersebut pernah melakukan percobaan bunuh diri https://yuliahartoyo.com/bunuh-diri-dan-deteksi-tulisan-tangan/

Kakak penasaran dengan tulisan tangan Joker? Bisa tonton filmnya.
Tapi ingat, genre film ini drama – thriller dengan rating dewasa. Anak-anak tak perlu diajak.

Penasaran dengan analisa tulisan Kakak? Atau tertarik untuk belajar ilmu analisa tulisan tangan juga? Sila, kontak.

Ah, bagaimana pun juga, tulisan tangan emang nggak bisa bohong. Udah gitu aja.

Jakarta, 6 Oktober 2016

2 Replies to “Film Joker Dan Tulisan Tangannya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *