Kopi memang menjadi salah satu minuman yang paling digemari oleh banyak orang, tak hanya orang dewasa saja, generasi milenial pun kini mulai mencintai kopi dan menjadikan minuman yang berciri khas hitam ini menjadi sebuah gaya hidup yang banyak diikuti.

Terlepas dari itu semua, kopi memang dianggap sebagai minuman yang memberikan banyak manfaat bagi yang meminumnya. Kopi dianggap dapat memberikan semangat dan menghilangkan kantuk, maka tak heran jika banyak orang yang memilih bekerja sambil ditemani secangkir kopi. Pada saat pagi hari sebelum memulai aktifitasnya pun banyak yang memilih memulai paginya dengan secangkir kopi.

Sehingga tak heran ya, seseorang dapat mengkonsumsi kopi lebih dari 1 cangkir dalam sehari, sejak pagi hari hingga malam kopi selalu menjadi teman terbaik untuk terjaga saat lembur dan menyelesaikan tugas yang harus segera diselesaikan hingga larut malam.

Meski selama ini kopi dikenal memiliki segudang manfaat namun siapa sangka jika terlalu banyak mengkonsumsi kopi juga tidak baik bagi kesehatan anda loh. Karena semua hal yang berlebihan tidak akan pernah baik, termasuk dalam mengkonsumsi kopi.

Sumber gambar: pixabay.com

Hal ini pun dijelaskan oleh seorang ahli kesehatan perempuan yaitu Jennifer Wider, M.D. yang mengungkapkan jika secara umum kafein bisa menstimulasi sistem saraf pusat sehingga bisa membuat sistem saraf menjadi bangun dan waspada. Selain itu kopi juga dianggap bisa merangsang pelepasan hormon adrenalin sehingga bisa membuat detak jantung menjadi lebih meningkat daripada biasanya.

Efek Buruk Kelebihan Kafein

Memang benar, kopi dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan asal tidak berlebihan dalam mengkonsumsi kopi setiap harinya. Karena kopi dengan kafein tinggi apabila diminum terlalu banyak maka akan bisa membuat tubuh menjadi hyper sehingga bisa menimbulkan rasa panic berlebihan, rasa cemas dan rasa gelisah yang tidak wajar.

Berapa Banyak Seseorang Boleh Mengkonsumsi Kopi Setiap Harinya?

Setiap harinya seseorang hanya boleh mengkonsumsi kopi dalam kadar secukupnya dan tidak lebih dari 400 miligram untuk perharinya. Akan tetapi perlu diingat jika setiap orang memiliki toleransi yang berbeda beda terhadap kafein. Maka dari itu sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan tubuh.

Jadi meski enak dan penuh manfaat, kopi juga tidak bisa diminum secara sembarangan ya.

Dampak Negatif Minum Kopi di Pagi Hari dan Dalam Keadaan Perut Kosong

Kopi memiliki kemampuan untuk menaikkan kadar kortisol, sementara pada pagi hari kortisol yang ada di dalam tubuh sedang berada dalam kadar tertinggi sehingga jika meminum kopi di pagi hari yang merupakan kebiasaan banyak orang sebenarnya merupakan kegiatan yang kurang bagus bagi tubuh.

Apalagi jika mengkonsumsi kopi pada saat perut masih dalam keadaan kosong bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan, salah satunya bagi kesehatan usus. Karena kopi dianggap mampu mempengaruhi mikroba di dalam usus.

Waktu Terbaik Minum Kopi

Waktu terbaik minum kopi sendiri adalah di antara jam 9 pagi ke atas, pada saat kadar kortisol mulai menurun, selain itu pastikan untuk memakan sesuatu terlebih dahulu dan tidak membiarkan perut kosong sebelum mengkonsumsi kopi. Jika perlu makanlah sesuatu yang kaya akan kalsium sehingga bisa membantu untuk menetralkan keasaman kopi di asam lambung. Selain itu kopi dingin juga mengandung kadar asam yang 70% lebih rendah apabila dibandingkan dengan kopi panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *