“Suka pusing-pusing, Om? Aliran darah nggak lancar,”

balasku melalui aplikasi whatsapp, setelah ia mengirim tanda tangan dan memintaku untuk menganilisanya.

“Kok reti? Haha.” Responnya singkat.

Iya, analisa tulisan tangan nggak hanya mampu menginformasikan tentang kemampuan handling masa lalu seseorang, kestabilan emosi, ketidakyakinan terhadap masa depan, atau ‘sekedar’ untuk mengetahui ia seorang pelupa atau tidak. Melalui analisa tulisan tangan juga mampu menginfokan tentang kondisi kesehatan fisik si penulis. Uhmm, sebenarnya masih banyak lagi aspek yang dapat diketahui melalui tulisan tangan seseorang, termasuk dia kesepian atau tidak. Hehe.

Salah Satu Hasil Analisa Sederhana Klien

Untuk kondisi kesehatan fisik dapat diketahui melalui tekanan tulisan dan ada tidaknya ink blotted dalam tulisan seseorang. Apa itu ink blotted? Uhmm, kenampakan di atas kertas seperti tinta pulpen yang mleber. Posisi ink blotted juga menunjukkan bagian tubuh mana yang kurang fit.

Posisi Ink Blotted Menunjukkan Area yang Kurang Sehat

Posisi ink blotted ini terbagi menjadi 3 bagian, yaitu zona atas, tengah, dan bawah. Apabila ink blotted berada di posisi zona atas, hal tersebut menunjukkan bahwa kondisi kesehatan bagian leher dan atau kepala sedang kurang sehat. Ink blotted pada zona tengah menunjukkan kondisi kesehatan yang kurang baik pada tubuh bagian leher ke bawah hingga pinggang. Untuk area pinggang ke bawah yang kurang sehat, termasuk kaki, ditunjukkan adanya ink blotted pada zona bawah.

Contoh Ink Blotted Pada Tulisan Tangan

 

Pembagian Hubungan Zona antara Huruf dengan Tubuh

 

Hehehe, percaya nggak percaya ya? Begitulah salah satu ilmuNya yang bernama graphology, ilmu analisa tulisan tangan.

“kemunculan” ink blotted  ini dapat sebagai “pertanda” agar kita menjadi lebih aware terhadap kesehatan diri sendiri, sebab terkadang kita itu suka abai, nggak peka, bahkan merasa sok kuat, padahal tubuh sudah memberikan sinyal. Dan baru akan sadar saat sudah benar-benar tumbang.

Munculnya Ink Blotted Sebagai ‘Peringatan’

 

Semenjak bertualang di ibukota dan tingkat mobilitas ke luar kota bertambah, aku harus lebih menjaga kesehatan tubuh sebagai bentuk rasa syukurku pada Tuhan Semesta Alam. Tahu kan betapa polusinya ibukota? Entah polusi dari udara, suara, ataupun rasa. Hahaha. Aku harus tetap fit, sehat, dan segar dalam setiap aktivitas, termasuk saat menemui rekan untuk konsultasi tulisan tangan.

Udara Jakarta Siang Hari. Foto No Filter (dok. pribadi)

 

Setiap pagi aku melakukan ‘ritual nafas’. Ya, bernafas. Terbaca aneh, kah? Hahaha. Iya, sedikit berbeda dengan aktifitas nafas spontan yang kita lakukan setiap detiknya. Untuk ‘ritual nafas’ aku bernafas secara sadar. Sederhana saja. Tarik nafas dalam-dalam, tahan. Senyum, lalu berterima kasih dan bersyukur. Kemudian hembuskan. Begitu terus, diulang-ulang hingga minimal 7 kali.

Strecthing ringan selama 10-15 menit dapat membantu merilekskan kekakuan otot. Selain itu aktivitas peregangan otot ini juga bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah dan meningkatkan energi. Aliran darah yang tidak lancar pun dapat terdeteksi lewat tulisan tangan.

Ink Blotted yang Menunjukkan Aliran Darah Tidak Lancar

 

Satu lagi nih, aku juga sering mengonsumsi seduhan rempah dan minum minuman tradisional seperti beras kencur, temulawak, maupun kunyit asam. Sebab kesibukan, terkadang nggak sempat tuh racik-racik atau beli di mbok jamu sekalipun. Terlebih saat berada di luar kota, yang aku nggak tahu harus beli dimana. Bingung donk ya.

Kabar baiknya, sekarang ada minuman herbal instan yang dibuat berdasarkan resep tradisional, Herbadrink. Alhamdulillah, happy banget! Terlebih meskipun diproses melalui teknologi modern, Herbadrink dibuat dari bahan-bahan alami berkualitas. Jadi manfaatnya tetap tersalurkan lewat kebaikan alaminya.

Herbadrink tersedia dalam berbagai macam pilihan, sari jahe, sari lidah buaya, sari temulawak, wedang uwuh, dan kunyit asem. Wow, lengkap!

Herbadrink Kunyit Asam (dok. pribadi)

 

Salah satu minuman favorit aku adalah Sari Temulawak. Temulawak sangat dikenal dengan manfaatnya untuk meningkatkan nafsu makan. Siapa yang nggak mau makan saat kecil lalu dicekoin jamu temulawak? Hayo, ngaku. Pahit ya? Nah, kabar baiknya lagi, Herbadrink Sari Temulawak ini rasanya segar, nggak ada pahit-pahitnya sama sekali. Dan ternyata minuman ini bermanfaat juga untuk membantu menjaga kesehatan hati.

Herbadrink Sari Temulawak ini mengandung ekstrak Curcuma xanthorrizha Rhizoma 2,2 g yang setara dengan 800 mg rimpang segar temulawak, gula, dan bahan lainnya hingga  18 g. Gula? Eits, tenang. Herbadrink Sari Temulawak juga tersedia yang Sugar Free. Manfaat alaminya totalitas!

Herbadrink Varian Sari Temulawak (dok. pribadi)

 

Karena jenis minuman ini instan, tentu saja cara membuat minuman ini sangat mudah, cepat, dan menyenangkan. Cukup larutkan isi satu sachet Herbadrink yang berupa serbuk ke dalam 1 gelas air sekitar 150 ml. Istimewanya lagi, Herbadrink ini bisa dilarutkan dalam air panas ataupun dingin. Pilih suka-suka, tergantung suasana dan cuaca. Makin percaya kalau kebaikan alaminya membantu menjaga kesehatan tubuh. Nggak ada lagi donk ink blotted di tulisan tangan kita. Uwuww…

Kalau Kakak, apa nih tips menjaga kesehatan tubuhnya?

Kuyyy, semangat menjaga kesehatan tubuh!

Sari Temulawak Siap Minum (dok. pribadi)

 

 

 

4 Replies to “Antara Temulawak dan Ditemukannya Ink Blotted Pada Tulisan Tangan”

  1. Waaah pengetahuan baru nih mba tentang ink blot. Ga nyangka ya ternyata pola ink blot bisa memberikan petunjuk tentang gangguan kesehatan. Susahnya niiih sekarang udah jarang nulis pake bolpen, semua2 serba digital. 😉

  2. Wah aku baru tau tentang teori ink blot ini. Ternyata itu indikator akan kondisi kesehatan kita ya.

    Semoga kita semua selalu diberi kesehatan ya
    Rutin minum herbal alami memang membantu sekali

  3. Saya juga suka minum minuman tradisional. Tapi saya biasanya sih beli jamu di ibu-ibu penjual jamu keliling. Wah, jadi kangen minum jamu segar lagi. Nunggu PSBB berakhir nih, baru bisa minum jamu lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *