Bagi sebagian orang pasti berfikir bahwa rasa cinta itu sangat penting. Ya memanglah sangat penting, rasa cinta kepada keluarga, sahabat, orang tua, kekasih, dan yang paling penting dari semua itu adalah mencintai dirimu sendiri. Mencintai diri sendiri bukan berarti terhanyut dalam dunia sendiri dan menghindari sosialisasi, atau bukanlah sebuah narsisme.

Mencintai diri sendiri adalah bersyukur akan karunia Tuhan yang telah menciptakan kita apa adanya dan sempurna. Mencintai diri sendiri berarti menyayangi diri sendiri apa adanya dan tidak menghiraukan ucapan orang lain tentang kita. Kenapa mencintai diri sendiri memudahkan kita mencintai dan diterima orang lain?

Karena menjalin hubungan dengan diri sendiri sama artinya dengan menjalin hubungan dengan orang lain. Ketika kita mencintai diri sendiri maka energi positif akan selalu terpancar dari diri kita ini dan membuat orang lain dekat dengan kita karena energi positif itu.

Sumber Gambar: pexels.com

Berikut merupakan langkah – langkah mencintai diri sendiri yang baik dan benar. Karena itu simaklah artikel mencintai diri sendiri memudahkan kita mencintai dan diterima orang lain secara cermat.

Mengenal Diri Kita Pribadi Secara Penuh

Maksudnya adalah kita harus lebih mengenal diri kita sendiri ketimbang orang lain. Karena yang bisa membangun kebahagiaan dan menjalin hubungan dengan orang lain hanya bisa dilakukan sesuai keinginan pribadi. Ketika orang menanyakan tentang apa hal yang disukai kita harus mampu menjawabnya. Karena itulah kita wajib mengenal diri kita sendiri dengan cara terus memikirkan hal – hal penting yang terbaik untuk diri sendiri.

Menghindari Sifat Egois

Dengan mencintai diri sendiri bukan berarti kita harus egois dan berdebat dengan orang lain karena sifat egois bisa menjadi faktor terputusnya hubungan yang sedang kita jalin sekarang. Kita juga harus selalu memaafkan orang lain yang memiliki kesalahan dengan kita karena nantinya mereka akan bersikap baik kepada kita ketika kita bersikap baik pula dengan orang lain. Namun terkadang kita juga harus mengeluarkan sifat egois saat dalam keadaan terdesak. Misalnya, seperti di paksa melakukan hal yang bukan keinginan kita tentu saja kita harus menolaknya dengan alasan yang jelas tentunya.

Memastikan Kebutuhan Diri Sendiri Terpenuhi

Seorang manusia harus bisa memenuhi kebutuhan dasarnya. Apapun kebutuhan yang kita inginkan harus segera dipenuhi. Entah itu makan, minum, istirahat, dan lain – lain. Karena kebutuhan dasar adalah hal penting yang harus dilakukan oleh tubuh. Jika kebutuhan dasarnya tidak terpenuhi, maka itu akan menjadi hal yang sangat fatal dan bisa merusak tubuh. Ketika kita bisa menjaga kebutuhan dasar diri sendiri tentunya kita bisa memenuhi kebutuhan orang lain.

Berbicara dengan Diri Sendiri

Berbicara dengan diri sendiri bukan berarti kita memiliki gangguan kejiwaan. Terkadang kita harus berbicara dan menanyakan sesuatu kepada diri ini misalnya, “apakah aku merasa nyaman?” Atau “Apakah aku bisa melakukannya dengan baik?” dan kata – kata lainnya yang perlu ditanyakan kepada diri sendiri. Karena ketika kita berbicara kepada diri sendiri maka naluri kita akan otomatis membimbing kita ke pilihan yang benar. Menentukan pilihan yang benar akan membuat kita terhindar dari rasa kekecewaan orang lain kepada kita, dan pastinya kita akan selalu berfikir positif.

Menerima Diri Sendiri Apa Adanya

Ketika melihat seorang kekasih yang kita cintai tentunya kita melihat dia karena apa adanya bukan apa adanya. Ya, sama halnya dengan diri sendiri, kita hanya harus menerima kondisi kita apa adanya dan bersyukur atas apa yang telah kita miliki. Hal ini akan membuat orang lain dekat dengan kita karena merasa nyaman karena kita berlaku jujur.

Jauhkan Diri dari Berita Negatif

Banyak berita – berita negatif bertebaran di media sosial yang disebut dengan “Hoax”. Nah, kita harus menghindari hal itu agar kita juga terhindar dari masalah yang akan merugikan kita di masa depan. Cukup berfikiran positif dan kalian akan berakhir bahagia. Jangan terhasut omongan orang lain, cukup percaya pada diri sendiri.

Itulah hal – hal yang dilakukan agar kita bisa mencintai diri sendiri memudahkan kita mencintai dan diterima orang lain. Apapun hal yang dilakukan haruslah sesuai dengan diri kita karena yang menentukan masa depan baik atau buruknya adalah diri kita sendiri.

Karena itulah kita harus memahami diri sendiri dan mencintainya lebih dari orang lain mencintai kita. Dengan mencintai diri sendiri akan membuat kita dekat dengan orang lain dan memahami orang lain serta bisa menjadi pendengar yang baik. Sekian dari artikel ini yang bisa saya sampaikan, semoga bisa menjadi wawasan baru bagi kalian dan membuat kalian menjadi diri yang positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *